Aku Suka Motret Tapi Nggak Punya Kamera

Nulis sih nulis aja kali

SENSOR

with 6 comments

Ini bukan soal sensor pilem!!! ini adalah pengertian sensor dalam elektronika yang saya kumpulkan dari beberapa buku di perpus dan beberapa website. Saya lupa apa saja websitenya, salah satunya wikipedia (pastinya). Dan inilah maksud sensor itu.

Sensor adalah peralatan yang digunakan untuk merubah suatu besaran fisik menjadi besaran listrik sehingga dapat dianalisa dengan rangkaian listrik tertentu. Hampir seluruh peralatan elektronik yang ada mempunyai sensor didalamnya.

Pada saat ini, sensor tersebut telah dibuat dengan ukuran sangat kecil dengan orde nanometer. Ukuran yang sangat kecil ini sangat memudahkan pemakaian dan menghemat energi.

Jenis sensor

Sensor fisika

Sensos fisika mendeteksi besaran suatu besaran berdasarkan hukum-hukum fisika. Contoh sensor fisika adalah sensor cahaya, sensor suara, sensor kimia, , sensor gaya, sensor kecepatan, dan sensor percepatan, dan sensor suhu.

Sensor kimia

Sensor kimia mendeteksi jumlah suatu zat kimia dengan cara mengubah besaran kimia menjadi besaran listrik. Biasanya melibatkan beberapa reaksi kimia. Contoh sensor kimia adalah Sensor pH, sensor Oksigen, sensor ledakan, dan sensor gas.

Yang dibawah ini pengertian sensor menurut lainnya.

SENSOR

Sensor adalah komponen yang dapat digunakan untuk mengkonversi suatu besaran tertentu menjadi satuan analog sehingga dapat dibaca oleh suatu rangkaian elektronik. Sensor merupakan komponen utama dari suatu tranduser, sedangkan tranduser merupakan sistem yang melengkapi agar sensor tersebut mempunyai keluaran sesuai yang kita inginkan dan dapat langsung dibaca pada keluarannya.

Ada berbagai macam sensor yang ada dipasaran, saya hanya membahas sensor suhu dan sensor asap,

Sensor Suhu

Sensor suhu yang terdapat dipasaran ada berbagai jenis. NTC (Negative Temperature Coeficient ) dan PTC (Positive Temperature Coeficient) adalah sensor suhu yang mengkonversi besaran suhu menjadi suatu nilai hambatan / resistansi. Namun saya hanya akan membahas sensor suhu yang telah terintegrasi yaitu IC LM 335, yang mengubah temperature menjadi tegangan dengan skala sebesar 10mV/ derajat Celcius. IC LM 335 dapat beroperasi dari temperature -40 C s/d 100 C.

Sensor Asap

Sensor kepekatan asap yang digunakan ini adalah foto transistor dan led infra merah. Untuk aplikasi selanjutnya, kedua sensor ini dapat diterapkan untuk berfungsi sebagai berbagai macam sensor, seperti sensor kepekatan larutan, sensor keamanan, dll.

Tipe sensor yang digunakan adalah QED 122 dan QSD 122. QED 122 adalah led infra merah sedangkan QSD 122 adalah foto transistor. Kedua komponen tersebut dapat digunakan berpasangan sebagai sensor kepekatan asap, dimana led infra merah disini berfungsi untuk menyinari secara fokus ke foto transistor. Tegangan keluaran yang dihasilkan foto transistor dipengaruhi oleh intensitas cahaya yang diberikan oleh led infra merah, dan oleh sebab itu jika ada zat-zat lain, misalnya asap yang menghalangi laju penyinaran led infra merah ke foto transistor, maka hal ini akan mengakibatkan perubahan tegangan pada foto transistor. dan tegangan keluaran yang dihasilkan ini akan dikirimkan ke ADC untuk diolah lebih lanjut oleh mikroprosesor.

Keknya ini dulu editan tentang sensor sepengetahuan saya. Kalo ada yang merasa pernah mempunyai tulisan seperti ini ya mungkin saja anda memang menulis itu, karena saya memang mengumpulkan dari beberapa artikel yang saya temukan.

Iklan

Written by zakiniku

Agustus 5, 2008 pada 6:29 pm

Ditulis dalam elektros

Tagged with , , ,

6 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. sensor asap yg QED 122 dan QSD 122 banyak dijual di pasaran ga?
    untuk pendeteksi kebakaran bisa ga?

    hann

    Desember 9, 2008 at 4:43 pm

  2. wah kalau soal dijual di pasaran saya belom tahu juga, di kampus saya sendiri yang pernah kami pakai untuk praktek hanya LM35 dan LM 335 untuk mendeteksi panas / suhu naik turun. Itu IC yang baru saya pakai untuk pendeteksi suhu.

    zakiniku

    Desember 18, 2008 at 6:29 pm

  3. kok sensor gayanya gak di jelaskan

    putri

    Maret 10, 2009 at 5:57 am

  4. macam – macam sensor kimia serta pengertiannya ?
    terima kasih

    junot

    Juni 8, 2009 at 6:12 am

  5. Mohon maaf, numpang nitip pesen. Kalo ada yang lagi cari sensor, controller, PLC dan perangkat otomasi lainnya, silahkan lihat di: http://www.sensorncontrol.blogspot.com atau email: ekoagungalfa@gmail.com atau 081331447854.
    Barang-barang yang kami tampilkan disana ready stock.

    Eko Agung P

    Februari 24, 2010 at 4:04 am

  6. kt mnA bley dpat sensor nie…???

    mira

    Agustus 3, 2011 at 2:35 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: